SUBDIT KELEMBAGAAN DAN PESERTA DIDIK
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Berita

Mempererat Persaudaraan Generasi Muda Bangsa Lewat Ajang Debat Bahasa

Acara tahunan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI)  dan National School Debating Championship (NSDC) yang berlangsung 1-6 Mei di Jakarta, berjalan sesuai yang diharapkan. Para peserta mempersiapkan diri sebaik-baiknya.  Mereka siap berkompetisi,  namun tak melupakan misi persahabatan yang dicanangkan Kemendikbud ini.

"Kami ingin berkompetisi sebaik mungkin,  tapi juga ingin menambah kawan sebanyak mungkin dari seluruh Indonesia, "Jelas siswa asal  SMA Advent Doyo Baru Papua, Cakra Minca Prawira Oywari.  Tim Papua tak mau terbebani dengan target-target dan hanya akan memberikan  yang terbaik yang mereka miliki.

Menurut siswa asal Bali,  ajang LDBI merupakan kompetisi paling bergengsi karena para peserta melalui seleksi yang ketat. " Kami telah membekali diri dengan isu-isu terkini seputar sosial,  kesehatan, dan human right, " jelas Dilla dari SMAN 4 Denpasar.  Termasuk soal politik?  Ya,  ternyata hampir sebagian besar peserta sangat mengamati kasus terkini  dan siap dengan argumen andalan mereka.

Ambisi memperbaiki peringkat digaungkan tim NSDC Nusa Tenggara Barat.  Tim yang terdiri dari Luh Putu Chandra Pebriana Dewi,  Andria Puspa Alisya,  dan Sharon Djodie Atmojo ini melakukan persiapan dengan baik.  "Persiapan kami jauh lebih baik karena melakukan latihan melawan tim debat Universitas Mataram.  Melawan  debater yang lebih baik dan berpengalaman otomatis membuat kami belajar cara debat yang lebih baik dan efektif,"  Jelas Andria Puspa.  

Hari pertama para peserta juga mendapatkan materi pendidikan karakter yang memberikan pengetahuan mereka tentang gerakan anti narkoba,  pengembangan bakat dan potensi,  serta pengetahuan soal bullying dan hoax. 


Teks : Hari
Foto : Bernawan


-POTENSI-