SUBDIT KELEMBAGAAN DAN PESERTA DIDIK
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Berita

Dua Penerima KIP Siap Getarkan Panggung AS

Ajang penelitian menjadi wahana tersendiri bagi dua siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Made Radikia Prasanta dan Putu Satria Suarima, keduanya dari SMA Bali Mandara. Mereka terpilih masuk dalam delegasi Indonesia untuk berkompetisi di panggung Intel-International Science Engineering Fair (ISEF) pada 14-19 Mei 2017, di Los Angeles, Amerika Serikat.  Peraih emas di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ini akan memamerkan hasil penelitian bertema Smart Digital Psychrometer For Forecasting Local Weater. 

Hasil  penelitian tersebut berupa alat pengukur cuaca (psychrometer) yang dapat mengeluarkan data cuaca. Pada alat tersebut, Radikia dan Satria menambahkan sensor khusus untuk mengukur tekanan udara, suhu udara, dan kelembaban udara dari lingkungan sekitar. 

“Alat ini dapat dipantau dari jarak jauh dengan menggunakan ponsel pintar, atau komputer, “ terang Satria dan Radikia kepada Potensi. Keduanya berharap, dengan keberangkatan mereka di kompetisi ini, mereka dapat mengharumkan nama bangsa dan membuat kedua orang tua bangga dan bahagia.

“Kami berusaha untuk terus melakukan penelitian. Kami yakin dan kalau itu sudah direstui oleh Tuhan, pasti akan tercapai,” pungkasnya.

Radikia dan Satria bersama kedua belas siswa lainnya akan berkompetisi dengan peserta dari 78 negara yang mempertemukan lebih dari 1.700 hasil karya penelitian siswa sekolah menengah atas sedunia.


Teks Yenny
Foto Bernawan


-POTENSI-