SUBDIT KELEMBAGAAN DAN PESERTA DIDIK
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Berita

Purwadi Sutanto: LDBI dan NSDC Membangun Kemampuan Berpikir Kritis

Pembukaan ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI)  dan National School Debating Championship (NSDC) dibuka secara resmi di SMAN 2 Tangsel.  Para siswa didorong untuk berkompetisi sambil mempererat silaturahmi.  LDBI dan NSDC sejak beberapa tahun terakhir telah memberi pengalaman kompetisi,  saling menghargai, saling menghormati,  serta  menumbuhkan kerjasama,  dan  persahabatan.

Menurut Direktur Pembinaan SMA,  Drs. Purwadi,  M. Si dalam pidatonya menyebutkan, LDBI dan NSDC merupakan wadah dan apresiasi kepada bakat dan prestasi siswa SMA.  Kementerian sangat concern pada bakat dan prestasi siswa. "Baru-baru ini ada siswa kita yang ikut Intel ISEF,  dan yang sangat membanggaakan keduanya ada penerima program KIP.  Siswa LDBI dan NSDC juga difasilitasi,  semua siswa yang memiliki keistimewaan di bidang sains,  olahraga,  seni juga difasilitasi. Kalian datang ke sini untuk lomba debat,  itu merupakan implementasi dari kurikukum 2013. Adik-adik mempresentasikan 4C: Communication,  Collaboration,  Critical Thinking,  dan Creativity,"  lanjut Purwadi.

Seraya memuji hiburan seni musik dan tari yang ditampilkan para siswa SMAN 2 Tangsel,  Purwadi meminta para siswa untuk jangan ragu mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. " Kami dorong siswa untuk ikut ekskul.  kalau diterapkan sekolah 5 hari, kalau sekolah dari pagi sampai sore,  sekolah harus memasukan ekskul dan pendidikan karakter," ujar Purwadi. 

Harapan Purwadi para peserta tahun ini bertarung semaksimal mungkin dan bisa menjadi wakil Indonesia di ajang WSDC tahun depan.  Ajang LDBI dan NSDC 
diikuti 102 siswa dan 68 pendamping dari 34 provinsi.


Teks Hari
Foto Bernawan


-POTENSI-